Kamis, 09 Juni 2011

IT CONSULTANT

IT Consultant ( TI konsultasi, konsultasi Komputer, konsultasi Computing, konsultasi teknologi atau bisnis dan jasa teknologi ) adalah bidang yang berfokus pada bisnis memberikan saran tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Selain memberikan saran, konsultan TI sering menerapkan, menyebarkan, dan mengelola sistem TI atas nama bisnis ', yang dikenal sebagai Outsourcing . Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat .
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan . Untuk mendukung terlaksana nya suatu kegiatan transaksi yang sempurna dan berjalan nya suatu bisnis secara lancar dibutuhkan suatu teknologi yang sangat berkualitas tinggi . dalam hal tersebut , dibutuhkan seorang IT Consultant .
IT consultant , sesuai dengan namanya sendiri “Consultant “ yang berarti seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasihat ahli dalam bidang keahliannya , Jadi IT consultant merupakan seorang yang ahli dalam memberikan saran dalam bidang teknologi informasi . Keberadaan seorang IT consultant di Indonesia sendiri pun tidak terlihat sebagai suatu profesi yang asing , bahkan terdapat suatu perusahaan jasa konsultan dalam bidang teknologi informasi . Mereka sebagai seorang IT Consultant sangat lah mengetahui teknologi yang berkualitas maupun kurang berkualitas yang baik bagi suatu perusahaan atau klien nya  .  Untuk menjadi seorang IT Consultant diperlukan suatu kemampuan atau “skill” tersendiri di bidang computer . Mereka pun juga harus dapat memahami  kepribadian serta harapan seorang klien . Dalam hal ini , seorang IT consultant juga harus memiliki kemampuan untuk dapat berkomunikasi dengan baik , karena profesi ini sangat lah berhubungan langsung dengan masyarakat banyak  .
Konsultan IT bertanggung jawab untuk menyediakan setiap klien dengan saran yang dirancang secara individual, yang akan membantu mereka untuk menggunakan komputer dan sistem teknologi untuk memenuhi tujuan mereka. Konsultan IT tidak hanya memberikan nasihat. Mereka juga menyediakan bantuan praktis, dengan menerapkan sistem baru atas nama klien mereka. Kadang-kadang, IT konsultan diharapkan untuk melatih klien dan memberikan umpan balik kepada mereka yang terlibat dalam manajemen perusahaan tertentu itu.

Seorang IT Consultant selain dibutuhkan kemampian du bidang computer dan komunikasi yang baik , juga membutuhkan pengetahuan bisnis yang baik , keterampilan bisnis yang baik , kemampuan untuk menjelaskan masalah teknik yang rumit dalam hal sederhana , pikiran analitis , mampu memberikan motivasi kepada klien , keyakinan , fleksibilitas , kreativitas dan masih banyak lagi . Sampai saat ini belum terdapat hukum yang mengatur mengenai etika sebagai seorang IT Consultant serta pekerjaan lain yang berhubungan mengenai teknologi informasi dan komunikasi , namun terdapat hukum yang mengatur terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi .
Tugas khas dilakukan oleh konsultan IT termasuk:
a.       Memutuskan klien untuk mengambil keputusan .
b.      Pertemuan dengan setiap klien untuk mendiskusikan kebutuhan individu dan tujuan.
c.       Meneliti berbagai fitur bisnis klien .
d.      Berpikir sistem tentang bagaimana bisnis dapat ditingkatkan melalui TI .
e.       Menilai klien dengan  sistem TI yang sudah ada sebelumnya  dan pengetahuan staf .
f.       Menilai apakah pilihan perangkat keras saat ini bekerja dengan baik bagi perusahaan .
g.       Mendesain program pelatihan .
h.      Memberikan pelatihan untuk klien .
i.        Memberikan saran umum untuk klien .
j.        Menjelaskan masalah teknis yang rumit dalam hal yang sederhana dan jelas untuk setiap anggota staf .
k.      Menyusun jadwal tindakan dan anggaran .
l.        Membuat klien yakin senang dengan rencana awal dan anggaran .
m.    Perbaikan Merancang dengan sistem yang sekarang atau mendesain sistem baru untuk klien .
n.      Implementasi sistem yang berbeda IT atau memperbaiki sistem yang sudah ada dan menjelaskan tindakan kepada klien secara rinci .
o.      Memastikan bahwa sistem baru dan pilihan perangkat lunak bekerja dengan baik dan mudah digunakan .
p.      Menulis laporan untuk klien dan penyajian lisan ini jika perlu .
Terdapat 5 prinsip sebagai iT consultan ,  yaitu ;    
a.       Fokus pada hubungan : Memahami kepribadian dan harapan klien , organisasi klien dan semuanya.

b.      Peran dan tanggung jawab terhadap klien .

c.        Bayangkan Sukses: Membantu klien dengan sebaik-baik nya tanpa melihat akhir .

d.       Anda Advise, Mereka Tentukan: Klien adalah orang terbaik untuk memutuskan .

e.       Memastikan bahwa solusi terhadap penggunaan , pelatihan pengguna serta implementasi dan kendala pemeliharaan .

 Konsultan IT umumnya sangat baik dibayar dan mereka mulai keluar di industri dapat mengharapkan untuk mendapatkan setidaknya £ 23.000, yang merupakan gaji awal yang sangat baik. Tergantung pada sifat dan lokasi perusahaan mempekerjakan konsultan IT, gaji ini mulai bisa naik ke luar £ 30.000. Gaji cenderung lebih tinggi dengan perusahaan yang berlokasi di pusat kota London. Setelah beberapa tahun bekerja dalam peran, individu bisa mendapatkan antara £ 50,000 dan £ 100,000. Gaji yang diberikan kepada individu sering terkait dengan kinerja dan bonus mengesankan adalah umum.  Hal tersebut merupakan nominal  besar yang dapat di dapatkan oleh seorang IT CONSULTANT .

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya mengenai IT Consultant yang sangat membantu... Terimaksih...
    Cek juga Perusahaan konsultan IT

    BalasHapus